Tuesday, November 20, 2012

Pemerintah Kota Malang ~ Dinas Pendidikan

DIKLAT PEMANFAATAN WEBLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN  
GURU BAHASA INDONESIA SMK 
MGMP BAHASA INDONESIA  SMK KOTA MALANG  
20~21 NOVEMBER 2012

Pendidikan dan latihan seputar WEB telah digagas dan dilaksanakan oleh musyawarah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dengan bimbingan pakar rupawan (jangan GEER ya paak) dan ahli, Bapak Arifudin Zuhri, S. Kom  dan Bapak Nur Kholis Majid, S. Pd.
Pembukaan oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia, Bapak Drs. H. Wadib Suudi, M. Pd, disampaikan secara apik, penuh semangat dan menggugah semangat saya sebagai pebelajar (peserta diklat). Jujur, bukan kali pertama saya mendengar istilah web atau blogger,namun pada kenyataannya, aplikasi nyata belum benar-benar saya terapkan.
Ternyata bila dihayati betul, bukan hanya hikmah dunia, melainkan hikmah akhirat yang dapat kita petik bila kita mau benar-benar ngopeni blog yang telah kita miliki nantinya. Selain jadi terkenal di dunia maya, bisa juga jadi bekal di akherat alis amal jariyah bila kita mau dengan sabar mengupas dan mendalami blogger. Tentu saja dengan catatan, pengupayaan apa saya yang kita tancapkan pada blog kita adalah orisinil milik kita. Sehingga bagi siapa saja yang membutuhkan informasi terkait dapat mengunduhnya dengan cuma-cuma dan tak khawatir bahwa informasi unduhan adalah hasil plagiasi. Untuk menghindarinya, tak ada salahnya bila kita cantumkan sumber asal, tempat kita mendapatkan tulisan atau artikel karya orang lain. Dengan begitu pahala milik yang bersangkutan. Kurang lebih begitu simpulan dan garis besar isi yang disampaikan Bapak Ketua MGMP Bahasa Indonesia sekaligus Kepala SMK Negeri 6 Malang, Bapak Wadib, sesuai daya simak saya.
Adapun penguatan dari Bapak Arifudin Zuhri, bila kita meng-kopas artikel atau tulisan dari orang lain bukan hal yang haram, namun akan lebih damai manakala kita mencantumkan sumber perolehan dari mana kita mendapatkan artikel tersebut (se-ide rupanya).
Bapak Zuhri (Panggilan singkat ni Pak…) juga memberikan tips yang sangat oke, yakni untuk setiap artikel yang kita unggah ke blog sebaiknya tidak serta merta dalam bentuk Microsoft word agar terhindar dari kopas all content. So, what should we do? Change to PDF! Ya, Bapak Zuhri menyarankan agar kita memformat tulisan atau artikel yang kita unggah dalam bentuk PDF.
Hingga akhir slide power point beliau, Bapak Zuhri yaitu tujuan ber-blog-ria, beliau menawarkan kepada peserta untuk praktik langsung atau…. Ya, jawaban PASTI! Langsung PRAKTIK IS THE MOST....!
Ya… my concern was ended, jadi…. Saya langsung berpraktik. Bikin email, bikin entri baru and…. Show off!!! (Part 1)
SMKN 6 Hall, Nov 2012 on Tuesday, by Wiar Wanti (Voc High school of 7)

1 comment:

  1. Lampiran Contoh sederhahan Format"Makalah Presentasi Transparansi Dalam Penilaian:
    http://www.mediafire.com/view/?0td8rrhc3b3tga1

    ReplyDelete