Tuesday, November 20, 2012

PEMANFAATAN WEBLOG (Part 2)

Pada pertemuan hari ini, Rabu, 21 November 2012, materi diklat disampaikan oleh pemateri ke-2, Bapak Nur Kholis Majid, S. Pd. Beliau menyampaikan bahwa untuk mempermudah link kepada rekan-rekan sesama anggota MGMP Bahasa Indonesia maupun bapak-ibu guru selain anggota MGMP ada satu materi tambahan yaitu file hosting.

 Adapun file hosting adalah istilah pengelolaan file di dunia maya (internet) yang meliputi penyimapanan, editing, foldering, dan sebagainya (dikutip dari makalah Bapak Nur Kholis Majid, S. Pd). Dan akun yang disarankan untuk mendukung file hosting adalah media fire dengan alasan pada akun ini  memeliki banyak kelebihan yaitu download bisa di-pause dan dilanjutkan (resume), tidak perlu menunggu beberapadetik sebelum bisa mendownload seperti file hosting lainnya, waktu download lebih cepat, dan download bisa menggunakan internet download manager (IDM) dan sebagainya.

Berikutnya, adalah komentar pada blog mgmp bahasa indonesia yang dapat diakses pada alamat http://mgmpbismkmalang.blogspot.com/, saya ketik, saya klik, dan..... walaaahhh... mgmp bahasa indonesia muncul dengan warna biru sebagai template-nya. Selanjutnya, kita klik no comment, insert nama email kita masing-masing pada gmail di bagian post comment reply as google and publish!. Lanjutkan dengan mengisikan kode yang tertera, and.... publish! Jika ingin tambah komentar maka tambahkan comment and... publish!

Nah, muncullah wajah-wajah cakep para peserta diklat yang tertera pada comment di blog MGMP BAHASA INDONESIA TERCINTA KITA! Dan selanjutnya tinggal memperkaya pengetahuan kita dengan mengisi, berpartisipasi, dan terus berkarya di blog kita, blog bahasa Indonesia.

Kegiatan diklat ditutup dengan sambutan Drs. H. Wadib Suudi, M. M., yang sangat menyindir, bahwa peserta bukan hanya 3D alias datang. duduk dan diam, tapi datang, berkarya, dan berkarya....Amiiinnnn....

2 comments:

  1. Alhamdulillah, walau 2 hari rasanya sudah dapat mengubah wajah-wajah para pesertanya, dan maaf numpang alamat ni:

    http://papaovi.blogspot.com/2012/10/lampiran-makalah-penilaian.html

    ReplyDelete