Tuesday, November 20, 2012

DIKLAT PEMANFAATAN “WEBBLOG”

DIKLAT PEMANFAATAN “WEBBLOG”SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI  GURU BAHASA INDONESIA SMK KOTA MALANG

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi pada era globalisasi, tuntutan kebutuhan komunikasi semakin meningkat. Sementara itu, guru dianggap sebagai salah satu profesi yang mampu menyumbangkan pemikiran-pemikiran untuk membangkitkan kreativitas dan motivasi bagi masyarakat pada umumnya dan  para siswa untuk berkarya pada khususnya. Di sisi lain, keberadaan internet pada era sekarang dipandang sebagai media yang paling efektif dan efisien sebagai pemenuhan kebutuhan sarana berkomunikasi tersebut. Salah satunya melalui pemanfaatan weblog / blog.

Blog semula merupakan website yang berisi catatan /diary online . Orangnya disebut “blogger”. Namun, sekarang, blog sudah dapat dikategorikan sebagai “e learning” yang merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif , misal sebuah komunitas guru di sebuah sekolah  ramai-ramai membuat blog yang isi/konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang diampu masing-masing guru, kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut. Siswa mengisi komentar di blog sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa dibatasi protokoler antara guru dan murid.  Tentu saja, hal  itu merupakan salah satu alternatif  variasi model pembelajaran selain yang disajikan di kelas.
Jika guru aktif “ngeblog” untuk satu fokus mata pelajaran, pendidikan di Indonesia akan lebih cepat maju sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat ‘menggigit’ dan tidak akan keluar dari jalur sebab pengunjung blog bisa memberi kritik. Selain itu, blog bisa difungsikan sebagai media untuk mengungkapkan usul, komentar,uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya sesuai yang diharapkan siswa.
Selain yang telah dipaparkan di atas, kelebihan – kelebihan blog dapat diuraikan sebagai berikut :
-         Isinya bisa luas menyangkut banyak hal
-         Bisa dijadikan ajang belajar untuk mengungkapkan ide
-         Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalisme
-         Relatif lebih hemat biaya
-         Sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang bervariasi

Dalam kenyataannya,  para guru belum optimal memanfaatkan media blog tersebut sebagai sarana untuk menyalurkan pemikiran-pemikirannya. Hal itu  antara lain disebabkan oleh belum tersosialisasinya penggunaan media blog di lingkungan para guru.  Padahal, proses pembelajaran di kelas  merupakan proses penyajian materi pelajaran oleh guru yang diharapkan bisa diterima oleh siswa dengan baik dan menarik. Demikian juga halnya dengan mata pelajaran bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran normatif sekaligus Unas seharusnya bisa lebih dipersiapkan untuk  mengantarkan para siswa siap menghadapi Unas serta bisa mengaplikasikan keterampilan berbahasa Indonesia dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.
Salah satu faktor penunjang  yang bisa membuat proses pembelajaran bahasa Indonesia menarik bagi siswa adalah penggunaan media yang inovatif. Seiring dengan perkembangan teknologi, media berbasis IT merupakan pilihan yang paling tepat.  Melalui penggunaan media berbasis IT, para guru bisa lebih mengembangkan kreativitasnya dalam menyajikan materi pelajaran bahasa  Indonesia kepada para siswa.
Namun, dalam kenyataan proses pembelajaran bahasa Indonesia, belum semua guru mampu/terbiasa menggunakan media berbasis teknologi komputer. Kompetensi guru dalam hal ini belum berkembang secara optimal karena masih kurangnya sentuhan pelatihan penggunaan media berbasis IT, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia, yang antara lain disebabkan oleh terbatasnya sumber dana.
Melalui forum MGMP bahasa Indonesia SMK Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang turut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan  kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan memberikan dana bantuan. Oleh karena itu, dengan dana bantuan ini, MGMP bahasa Indonesia SMK Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang menyelenggarakan “Diklat Pemanfaatan “Webblog” sebagai Media Pembelajaran bagi  Guru Bahasa Indonesia SMK Kota Malang “

No comments:

Post a Comment